07 Januari, 2010

SISTEM PEMBAYARAN EDC, Lebih Praktis & Lebih Untung

Di era modern ini, uang tunai semakin jarang digunakan. Kemudahan transaksi dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debet membuat masyarakat lebih memilih sistem pembayaran ini karena lebih praktis. Tak perlu membawa banyak uang tunai dan tak perlu sibuk menghitung uang kembalian.


Sebagai toko bangunan modern, apa yang harus Anda lakukan untuk menjawab kebutuhan dan memudahkan konsumen Anda dalam bertransaksi? Mudah saja. Anda hanya memerlukan perangkat EDC (Electronic Data Capture). Pada dasarnya, perangkat ini adalah mesin elektronik yang dapat digunakan untuk layanan purchase (membayar pembelian), dapat dimanfaatkan untuk mentransfer uang, membayar tagihan (payment), menyetor dan bahkan menarik uang secara tunai.

Selain memiliki fungsi yang hampir sama dengan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), mesin EDC ini juga menyajikan berbagai keuntungan bila digunakan di toko Anda, diantaranya adalah lebih aman bagi konsumen karena menggunakan sistem server yang canggih, perangkatnya bisa dibawa kemana pun, sehingga lebih praktis jika ingin menagih pembayaran kekonsumen. Selain itu lebih aman, karena dilengkapi dengan sistem pengaman yang canggih. Anda tertarik dengan si mungil yang serba bisa ini? Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan EDC di toko Anda:
  • Carilah perusahaan yang menawarkan untuk menjual atau menyewakan perangkat ini. Anda bias menemukan berbagai perusahaan tersebut di internet. Pilihlah perusahaan yang menyediakan penawaranyang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Untuk memulai bisnis ini, biasanya Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sewa alat GPRS (General Packet Radio Services) saja. Namun, tiap perusahaan yang menawarkan perangkat EDC ini memiliki peraturan yang berbeda. Misalnya, ada perusahaan yang mewajibkan Anda untuk mengisi saldo (deposit) agar Anda bisa melayani konsumen dalam pembayaran berbagai macam tagihan, selain tentunya membayar sewa perangkat EDC itu sendiri.
  • Untuk menggunakan perangkat ini, Anda akan diberi dua pilihan, yaitu menggunakan jaringan telepon tetap (Public Switch Telephone Network / PSTN) atau melalui wireless lewat GPRS. Adanya dua sistem koneksi itu tentu saja memberikan pilihan yang bervariasi untuk memilih sistem yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Perhatikan pula jaringan yang sekiranya cocok untuk Anda gunakan. Jika terminal EDC akan dipasang di pusat pertokoan yang sudah memiliki jaringan telepon, Anda bisa memilih koneksi dengan PSTN. Sementara itu, jika ingin membuat layanan EDC yang mobile, maka lebih pas memakai koneksi wireless. Dari segi biaya, koneksi wireless memang lebih murah karena transaksi dikirim dalam bentuk data, yang tarifnya lebih murah dari pengiriman dengan sinyal suara. Selain itu, transaksi bisa dilakukan kapan saja, tanpa perlu antre, karena setiap terminal dilengkapi dengan SIM card yang bisa langsung terhubung dengan pusat komputer pemilik EDC tersebut. Namun, jika sebuah daerah belum masuk dalam jangkauan layanan GPRS jaringan PSTN lah yang sebaiknya menjadi pilihan.

Anda tertarik dengan sistem pembayaran modern ini? Segeralah memulai era less cash society di toko Anda. Lebih praktis dan tentunya lebih untung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar