13 Maret, 2009

Asuransi Toko (Insurance for a shop / retailer)

Toko memberikan kontribusi besar bagi kehidupan perekonomian masyarakat sekitar. Beragam transaksi dan pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar terjadi karena ada beragam toko yang menyediakan barang-barang yang diperlukan. Namun, sekecil apapun bidang usaha yang kita kerjakan, selalu mengandung risiko tertentu.


Tetapi risiko dapat diminimalkan atau setidaknya pengalaman pengalaman buruk akan membuat kita belajar dan kemudian melakukan tindakan-tindakan antisipasi.

Setiap pelaku usaha, tentu ingin memusatkan upaya pada pengembangan-pengembangan yang diperlukan bagi kemajuan usahanya, seiring dengan iklim bisnis yang berkembang. Namun di satu sisi tindakan antisipasi perlu dilakukan, agar toko atau apapun usaha Anda, terhindar dari kerugian besar. Dalam hal ini, asuransi toko merupakan bentuk upaya meminimalkan risiko. Lalu risiko apa yang dijamin? Itu bergantung pada wording polis dan jaminan asuransi yang Anda beli. Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) maupun Property All Risks (PAR) tidak secara otomatis menjamin harta benda berupa perhiasan emas, berlian, perak dan batu mulia lainnya, namun harus dinyatakan secara khusus dengan persetujuan perusahaan asuransi. Jadi, apa saja yang ditawarkan oleh asuransi toko? Perusahaan asuransi usaha, seperti untuk toko, umumnya menawarkan beragam paket asuransi. Apapun istilah yang digunakan, itu meliputi perlindungan terhadap kebakaran, petir, asap, kejatuhan pesawat terbang, kerusuhan, pemogokan, huru-hara, kerusakan karena bencana alam seperti banjir, pohon tumbang, robohnya papan reklame, pencurian dengan kekerasan dan penyebab lainnya. Penulisan kembali dokumen dan transaksi bisnis, penggantian barang-barang karyawan, kaca pecah, penambahan bangunan, pemadam kebakaran, pembersihan puing dan lain sebagainya juga merupakan bagian dari jaminan yang diberikan.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengasuransikan toko dan barang-barang dagangan Anda, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal :


Kenali jenis atau paket asuransi seperti apa yang dibutuhkan oleh toko Anda. Ini bisa Anda pertimbangkan dengan memperhatikan lokasi, barang dagangan secara spesifik dan rencana yang akan Anda buat bagi kemajuan usaha Anda. Apakah membuka toko di tempat lainnya, penambahan bangunan atau hal lain.


Reputasi dan pengalaman perusahaan asuransi toko. Apa saja yang sudah pernah mereka tangani, bagaimana mereka menangani, serta seberapa besar mereka dapat menjamin usaha/toko Anda, serta kepercayaan klien kepada perusahaan asuransi.


Miliki pertimbangan melalui pengalaman-pengalaman orang lain dan dapatkan testimoni mereka. Pelajari dengan baik, karena untuk jaminan tertentu biasanya ada tambahan biaya sebesar 10 persen atau perusahaan asuransi memberikan batasan biaya jaminan.


Bersedialah untuk mendengar saran terbaik dari perusahaan asuransi, karena mereka akan terlebih dahulu melakukan survei terhadap toko Anda, kemudian memberikan jaminan atau paket asuransi yang paling tepat bagi toko Anda.

Semua toko dapat diikutsertakan dalam program asuransi. Toko di kompleks ruko atau pertokoan, toko yang berdiri sendiri, maupun toko yang terletak di dalam mal seperti di kompleks mal. Luasnya bidang usaha, membuat perusahaan asuransi toko memberikan jaminan terhadap beragam jenis toko sesuai bidang usaha atau jenis barang dagangan termasuk toko bahan bangunan. Semakin kompleks iklim usaha yang berkembang dan semakin maju usaha Anda, semakin besar risiko yang harus dihadapi. Tindakan antisipasi, merupakan bagian dari manajemen risiko jangka panjang yang perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar