13 Maret, 2009

Fengshui - Rumah Kantong Semar (Fengshui - A house with a pot belly style)

Terlihat kecil tampak depan, namun besar dan melebar di bagian dalam. Itulah rumah kantong semar. Konon, rumah dengan desain macam ini membawa hoki tersendiri bagi penghuninya.


Rumah kantong semar didesain berdasarkan prinsip fengshui. Rumah ini terkesan kecil dari tampak luar, terutama ketika Anda memasuki halaman, ruang depan atau ruang tamu, kemudian terlihat luas atau melebar setelah menuju ruangan dalam. Ini merupakan upaya penyelarasan terhadap aliran energi (chi) yang masuk dan mengalir dalam ruangan. Chi terdiri dari 2 yaitu chi positif dan negatif.


Chi positif membantu meningkatkan efek psikologis, menetralisir racun, meningkatkan vitalitas dan kesehatan penghuninya. Chi inilah yang oleh ahli fengshui disebut sebagai chuan, hoki dan keberuntungan yang efek psikologisnya dapat meningkatkan kesehatan, kemakmuran, harmoni dalam rumah tangga dan hal-hal baik lainnya.


Rumah berdesain kantong semar mengadopsi prinsip-prinsip ini. Yakni agar chi positif menyebar secara meluas ke area-area rumah. Penyelarasan energi dalam interior rumah pada prinsipnya dilakukan dengan cara menangkap chi positif masuk ke dalam rumah, mengalirkannya dengan baik ke dalam setiap ruangan, menangkal chi negatif yang datang dari luar serta menetralisir yang masuk ke dalam ataupun membuangnya.


Karena desain kantong semar makin melebar ke dalam, ruangruang penting yang perlu mendapatkan perhatian pada aliran chi ini yaitu pintu utama (main gate), ruang tamu, ruang bersama keluarga, ruang berdoa (altar), ruang kerja, kamar tidur, dapur dan kamar mandi (WC). Hal tersebut dilakukan karena ruangruang inilah yang sering digunakan sebagai wadah aktivitas seluruh anggota keluarga.


Pintu utama sebaiknya tidak menghadap ke kamar mandi, tangga, pintu lain dan dinding bercermin. Sedangkan bagian tengah rumah mewakili keberuntungan dalam keluarga. Maka paling baik digunakan untuk ruang keluarga. Kegiatan keluarga, seperti nonton TV atau bermain di ruang tengah akan menciptakan energi fengshui yang baik. Anda dapat juga menggantungkan potret keluarga di bagian ini.

Yang perlu diperhatikan untuk menghindari ancaman negatif pada kamar tidur yaitu sebaiknya menggunakan satu kasur saja. Hindari tempat tidur yang terpantul pada cermin. Gunakan teori yin dan yang untuk warna tirai, seprai dan karpet. Warna yin adalah hitam gelap sedangkan warna yang adalah putih terang.

Untuk kamar mandi dan dapur, sebaiknya tidak ditempatkan di sudut barat laut. Apabila kompor atau pemasak diletakkan disana menyebabkan pengaruh yang sangat menghancurkan. Sedangkan untuk kamar mandi, hal ini akan mempengaruhi kehidupan percintaan si penghuni rumah.

Ruang-ruang penting di rumah kantong semar memang patut diperhatikan agar mengalirkan chi positif. Dengan demikian, energi menguntungkan dalam kehidupan dapat Anda raih semaksimal mungkin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar