24 Maret, 2009

Wanita Bekerja & Keluarga (Women at work & Family)

Menjadi istri, ibu sekaligus pekerja yang profesional tidaklah mudah. Diperlukan kecerdikan dan kesabaran dalam menjalaninya. Karenanya tak berlebihan menyebut para perempuan ini sebagai srikandi keluarga. Sudah bukan zamannya lagi perempuan terkungkung di rumah. Saat ini pintu terbuka luas bagi semua perempuan untuk berkarya di luar rumah. Tak mengherankan hari ini ada begitu banyak perempuan yang bekerja di berbagai sektor industri.

Hal ini membuat perempuan harus menjalankan peran ganda sebagai istri, ibu sekaligus wanita bekerja. Hal tersebut menuntut perempuan-perempuan ini menjadi perempuan perkasa yang handal menangani urusan kantor, urusan di rumah, mengasuh anak dan melayani kebutuhan suami. Kunci dari semuanya adalah manajemen yang baik. Para perempuan harus menjadi manajer handal dalam membagi tugas, waktu dan konsentrasi antara keluarga dan pekerjaan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan antara keluarga dan pekerjaan, antara lain:

Manajemen waktu
Buatlah daftar hal-hal yang perlu Anda kerjakan selama sehari penuh. Tentukan pula prioritas Anda. Misalnya, meski bekerja, tapi sepulang kerja Anda harus meluangkan waktu yang berkualitas untuk anak dan suami. Hal ini akan membantu Anda melakukan kegiatan secara sistematis dan efisien.

Delegasikan tugas kepada orang lain
Belajarlah mendelegasikan tugas-tugas Anda, baik tugas di kantor maupun tugas di rumah kepada orang lain agar pekerjaan Anda menjadi efi sien. Dengan begitu Anda fokus pada hal-hal yang memang harus Anda kerjakan sendiri dan waktu Anda untuk keluarga pun menjadi lebih banyak.

Pekerjakan pembantu rumah tangga

Bila memungkinkan pekerjakanlah pembantu rumah tangga. Karena kehadirannya dapat meringankan tugas Anda di rumah, sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga. Waktu ini juga dapat Anda manfaatkan untuk membangun komunikasi yang lebih intensif dengan anak dan suami. Namun, pilihlah pembantu rumah tangga yang dapat dipercaya.

Lebih efisien dalam bekerja

Bersikaplah lebih efi sien dan produktif dalam bekerja. Semakin Anda tidak efisien, semakin banyak pula pekerjaan yang menumpuk. Akibatnya, sampai di rumah Anda masih memikirkan pekerjaan di kantor yang semakin mendekati deadline. Hal ini dapat membuat Anda stres yang bisa menjadi sumber ketegangan dalam hubungan Anda dengan keluarga.

Kenalilah diri sendiri

Untuk bisa mengatur diri sendiri, Anda perlu mengenali diri sendiri. Kenalilah seberapa tinggi tingkat toleransi Anda terhadap stres dan hal-hal apa saja yang dapat membuat Anda stres. Hindari tindakan atau kegiatan yang hanya akan menambah persoalan dan ubahlah pola pikir irrasional yang mengganggu kenyamanan Anda. Bila Anda memang sudah terlalu lelah dengan beban pekerjaan dan urusan rumah tangga, ada baiknya Anda bersantai sejenak.
Liburan selama beberapa hari dengan keluarga atau hanya berdua dengan suami dijamin bisa mengembalikan kesegaran Anda. Memiliki peran ganda memang tak mudah. Namun, selalu ada cara untuk menyiasatinya. Percayalah bahwa Anda begitu hebat dan mampu menjalani semua peran Anda dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar