14 Maret, 2009

Tips Berbisnis (Business tips)

Pengalaman pertama dalam membangun bisnis seringkali dirasa sulit. Tapi mengembangkan usaha pun tak bisa dibilang gampang. Kalau salah langkah bisa-bisa bangunan bisnis Anda dapat hancur berantakan.

Membangun sebuah bisnis memang tidak mudah. Dibutuhkan keuletan dan ketajaman dalam melihat pasar. Lokasi serta kualitas produk yang kita tawarkan juga menjadi salah satu kunci sukses. Tetapi tahukah Anda bahwa mengembangkan bisnis pun bukan sesuatu yang gampang dilakukan. Setelah sukses menjalankan sebuah bisnis, tentu kita tidak boleh berhenti. Kita harus melakukan pengembangan agar kesuksesan tersebut menjadi lebih besar. Karena biasanya kesuksesan itu ibarat candu.

Sekali merasakan, kita ingin merasakannya lagi, bahkan dalam dosis yang lebih tinggi. Itu makanya tak jarang kita temui orang yang akhirnya memutuskan membuka cabang. Pengembangan bisnis memang tak serta merta identik dengan membuka cabang. Melakukan perluasan lahan usaha atau menambah varian produk juga termasuk pengembangan.

Hal ini memang terkesan mudah. Namun, kalau tidak hati-hati pengembangan yang kita lakukan pada usaha yang sudah ada justru dapat menjadi boomerang bagi kesuksesan kita sendiri. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memutuskan melakukan pengembangan bisnis.

• Amati setiap perkembangan di sekitar Anda. Setiap perkembangan yang terjadi di sekitar kita bisa saja menjadi kunci menuju pengembangan bisnis. Misalnya saja tren di masyarakat sekitar atau munculnya bisnis lain di sekitar kita. Dengan mengamati hal ini, Anda akan dapat membaca kebutuhan pasar yang belum dipenuhi. Kebutuhan ini dapat menjadi arah pengembangan bisnis Anda.

• Lakukan perhitungan modal. Melakukan pengembangan bisnis tentunya memerlukan modal. Perhitungkan dengan cermat setiap risiko yang muncul dari pengembangan bisnis tersebut. Anda harus memiliki cadangan dana setidaknya dua kali lipat dari risiko tersebut. Hal ini agar Anda tetap memiliki dana yang cukup untuk menutup kerugian sekaligus menjalankan bisnis Anda dalam kondisi normal.

• Perhatikan lokasi. Kalau Anda memutuskan melakukan pengembangan usaha dengan membuka cabang di tempat lain, pastikan lokasi tersebut cukup potensial. Perhatikan apa yang menjadi kebutuhan utama masyarakat sekitar. Cermati perilakunya dan mulailah menerapkan strategi harga untuk bersaing dengan kompetitor, atau mungkin malah Anda menjadi pelopor. Mungkin masyarakat sekitar lebih membutuhkan toko bangunan ketimbang toko kelontong yang sudah ada, atau sebaliknya.

• Jalin Kemitraan. Saat memutuskan melakukan pengembangan bisnis, pertimbangkan juga melakukan kemitraan dengan rekan Anda yang dapat dipercaya. Dengan melakukan kemitraan, Anda dapat berbagi modal. Hal ini juga sekaligus berbagi risiko. Jadi Anda tak perlu memikul sendiri risikonya. Tapi pastikan Anda dan rekan bisnis dapat menjaga komitmen dan konsistensi.

Kalau begitu selamat mengembangkan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar